Phobia Paling Aneh Di Dunia (Perasaan Takut)

Perasaan Takut (Phobia) yang unik dan aneh di dunia.

Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Ada perbedaan "bahasa" antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia. Pengamat fobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara di bayangan mental seorang pengidap fobia, subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya.

Seseorang yang pertumbuhan mentalnya mengalami fiksasi akan memiliki kesulitan emosi (mental blocks) dikemudian harinya. Hal tersebut dikarenakan orang tersebut tidak memiliki saluran pelepasan emosi (katarsis) yang tepat. Setiap kali orang tersebut berinteraksi dengan sumber Fobia secara otomatis akan merasa cemas dan agar "nyaman" maka cara yang paling mudah dan cepat adalah dengan cara "mundur kembali"/regresi kepada keadaan fiksasi. Kecemasan yang tidak diatasi seawal mungkin berpotensi menimbulkan akumulasi emosi negatif yang secara terus menerus ditekan kembali ke bawah sadar (represi). Pola respon negatif tersebut dapat berkembang terhadap subjek subjek fobia lainnya dan intensitasnya semakin meningkat. Walaupun terlihat sepele, “pola” respon tersebut akan dipakai terus menerus untuk merespon masalah lainnya. Itu sebabnya seseorang penderita fobia menjadi semakin rentan dan semakin tidak produktif. Fobia merupakan salah satu dari jenis jenis hambatan sukses lainnya.
sumber: wikipedia.com

Jenis Phobia / fobia

1. Phobia sederhana atau spesifik (Phobia terhadap suatu obyek/keadaan tertentu) seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian, benda tertentu dan lain lain.

2. Phobia sosial (Phobia terhadap pemaparan situasi sosial) seperti takut jadi pusat perhatian, orang seperti ini senang menghindari tempat-tempat ramai.

3. Phobia kompleks (Phobia terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka misalnya di kendaraan umum/mall) orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.

Seperti di katakan di atas phobia memilik banyak jenis jika jabarkan, tapi maf!n kali ini hanya akan membahas beberapa jenis phobia yang dirasa aneh, unik dan terkadang tidak masuk akal. Apa sajakah itu ? berikut ulasan maf!n.

Phobia Balon (ketakutan pada balon)

phobia balon adalah salah satu jenis fobia
Fobia yang satu ini terdengar sangat aneh, bagaimana tidak, apa yang harus di takuti dari sebuah balon ? benda ini hanyalah karet yang bisa di tiup. Tidak akan berbahaya sama sekali. Tapi itulah keunikan yang memiliki phobia ini, terdengar aneh atau tidak perasaan takut akan balon memang ada dan mungkin banyak yang mengidap nya. Alasan nya beragam, mulai dari trauma akan kaget nya letusan balon, terlihat seperti kepala alien dan banyak lagi.

Phobia Sayuran (ketakutan pada sayur-sayuran)

phobia sayuran teraneh di dunia
Fobia jenis ini lebih terdengar lebih aneh lagi sahabat maf!n, sayuran yang notabene nya adalah salah satu bahan makanan dan mengandung banyak vitamin, malah di takuti. Kembali kita tanyakan, apa yang harus di takuti dari sebuah tanaman ? tapi bagi pengidap fobia sayuran, ini bukan mustahil. Entah apa yang di rasakan orang-orang in jika melihat sayuran, tapi yang jelas fobia ini terasa unik, aneh dan lucu. Alasan mereka banyak, ada yang bilang sayuran itu kotor, terlihat menjijikan, seperti wajah monster (kembang kol DLL) dan masih banyak lagi.

Phobia Ketinggian (ketakutan akan ketinggian)

phobia ketinggian teraneh di dunia
Berada di tempat tinggi atau bahkan tidak terlalu tinggi membuat pengidap phobia ini terlihat aneh dan lucu. Admin maf!n sendiri contohnya, fobia jenis ini terjadi ketika seseorang berada di ketinggian, yang menjadikan nya aneh dan lucu adalah ketika pengidap fobia ini berada hanya 2-3 meter diatas tanah mereka terlihat gemetar, tidak jarang ada yang sampai pucat. Fobia ini timbul karena ada trauma di masa lalu, seperti jatuh dari pohon, tangga atau semacam nya.

Phobia Gelap (ketakutan akan gelap)

phobia gelap terunik di dunia
Gelap, sebenarnya keadaan gelap membuat hampir semua manusia merasa tidak nyaman. Tapi berbeda dengan pengidap phobia ini, mereka akan seperti orang stress ketakutan yang teramat sangat, menjerit bahkan sampai pingsan. Ketika menonton tv atau memainkan game yang berlatar gelap pun pengidap phobia ini akan ketakutan. Hal ini bisa disebabkan sama sperti phobia lain, trauma dengan sesuatu atau keadaan yang gelap dan sebagainya.

Phobia Banci / Bencong (ketakutan terhadap banci/bencong)

phobia banci terlucu dunia
Untuk yang terakhir ini, bukan cuma aneh dan unik tapi juga sangat lucu. Anda pasti akan tertawa jika melihat seorang pengidap phobia ini bertemu sang banci. Semua nya bisa terjadi, mulai dari lari terbirit-birit, menjerit, dan hal aneh lain nya. Seseorang dengan fobia banci biasanya seseorang yang punya masa lalu kurang mengenakan dengan banci, bisa dari apa saja muali dari pernahdi cium banci, di peluk dan lain sebagainya.


Nah bagaimana sahabat maf!n ? aneh, unik dan lucu bukan ? terlepas dari rasa takut atau phobia yang terjadi pada manusia, sebenarnya itu hanya sugesti pada diri kita. Menurut maf!n jika terlanjur mengidap phobia pada sesuatu, cobalah untuk melawan nya. Oke semoga artikel kali ini bermanfaat, jangan lupa baca juga tentang lucunya orang indonesia ketika nonton bola. terima kasih.
Phobia Paling Aneh Di Dunia (Perasaan Takut) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: uncle faiz