Fenomena Luar Biasa Dan Unik Di Ruang Angkasa

Fenomena Luar Biasa Di Ruang Angkasa Yang Di Abadikan Oleh NASA


16 foto ruang angkasa terbaik oleh nasa

Membayangkan ruang angkasa membuat maf!n merinding, galaxy di gambarkan dengan sangat luas tanpa batasan yang di isi oleh planet-planet dan meteor. Sebuah keajaiban yang di ciptakan oleh tuhan. Di ruang angkasa yan luas dan tak berujung, terkadang terjadi fenomena unik dan luar biasa.

Sepanjang tahun NASA (badan antariksa internasional) mengambil atau mengabadikan foto-foto untuk dokumentasi, tapi tak jarang ada yang di perlihatkan ke masyarakat luas. Contohnya beberapa foto luar bisa di bawah ini yang di klaim adalah foto fenomena ruang angkasa terbaik versi NASA. Foto apa sajakah itu? ini dia ke sembilan belas fotonya.

16. Chaos in the Heart of Orion

foto fenomena ruang angkasa oleh nasa
Spitzer dan Hubble Space Teleskop sama-sama menunjukkan kekacauan "baby star" sekitar 1.500 tahun cahaya di jantung Nebula Orion. Hal ini juga dikenal pembentukan bintang masif terdekat kita, dan astronom percaya mungkin sangat baik menyimpan lebih dari 1.000 bintang muda. Gambar menunjukkan sekelompok bintang yang baru lahir dan tersebar di seluruh awan. Nebula Orion adalah tempat paling terang di penjuru Orion, juga dikenal sebagai "pemburu" konstelasi.

15. Yuri’s Space Walk

yuri space walk selfie di ruang angkasa
Setiap kali seorang astronot keluar dari pesawat ruang angkasa, pasti tidak pernah lupa untuk memfoto diri. Pada 11 September 2000 Kosmonot Yuri l. Malenchenko, spesialis misi, tertangkap kamera selama meng angkasa, menganugerahkan kepada kita gambar ini. Dia dan astronot Edward T. Lu menghabiskan lebih dari 6 jam hari itu di angkasa, melakukan tugas-tugas di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

14. Eye of God

fenomena eye of god ruang angkasa
Helix Nebula, juga dikenal sebagai eye of god, terletak sekitar 650 tahun cahaya ke arah konstelasi Aquarius dan membentang sekitar 2,5 tahun cahaya. Tepi dalam dari Helix Nebula menunjukkan knot gas komposit elemen tak dikenal. Gambar adalah gambar gabungan dari kedua Hubble Space Telescope dan gambar wide-angle dari Kamera Mosaic dari Kitt Peak National Observatory.

13. Rosette Nebula

The Rosette Nebula sangat besar, wilayah bulat terletak di dekat awan molekul raksasa di daerah Monoceros dari galaksi Bima Sakti sekitar 5.200 tahun cahaya dari Bumi. Ini sangat besar, dan mencakup lebih dari enam kali luas bulan purnama. Seperti terlihat pada gambar di atas, Rosette Nebula adalah wilayah pembentukan bintang yang menonjol yang bersinar sebagai akibat dari radiasi ultraviolet dari panas, bintang biru yang dibersihkan angin pada intinya.

12.  Hercules A – Black Hole

hercules A balck hole ruang angkasa
Pada pandangan pertama, Hercules A adalah galaksi berciri lonjong, tapi apa yang membuatnya unik adalah bahwa intinya terdiri dari lubang hitam yang begitu besar, jika di bandingkan, dengan galaxy kita terlihat kecil. Hercules A terletak lebih dari 2 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bima Sakti kita, dan tampaknya memiliki massa total sekitar 1.000 kali dari galaksi kita. Fitur ungu terlihat pada gambar ini lebih dari kemungkinan disebabkan oleh partikel materi bertabrakan ke satu sama lain dan memanas karena diseret kembali ke dalam lubang hitam.

11. Crab Nebula

Kematian menakjubkan Bintang di konstelasi Taurus pertama kali diamati oleh para astronom Cina sebagai supernova dari 1054 AD Hampir seribu tahun kemudian, objek buram luar biasa yang disebut bintang neutron yang ditinggalkan oleh ledakan telah dikeluarkan oleh sekelompok partikel energi tinggi ke bidang yang luas dikenal sebagai Nebula Kepiting (crap nebula).
Gambar ini dikombinasikan, terlihat di sini telah dirakit dari tiga NASA Observatorium. Teleskop luar angkasa Hubble gambar optik merah dan kuning, Chandra gambar X-ray dapat dilihat dengan warna biru, dan gambar inframerah Spitzer Space Telescope di dalam ungu. Seperti banyak teleskop lainnya, Chandra telah sering mengamati Crap Nebula sejak awal misi.

10. Two Spiral Galaxies

fenomena two spiral galaxy ruang angkasa
Ini gambar dari dua galaksi yang terlihat diciptakan oleh tiga sudut yang berbeda dari Hubble. Gaya pasang surut yang kuat dari galaksi yang lebih besar, NGC 2207 di sebelah kiri, telah mengubah bentuk galaksi yang lebih kecil, IC 2163, melempar keluar gas dan bintang ke aliran panjang yang diperluas 100.000 tahun cahaya. IC 2163 tidak memiliki energi yang cukup untuk melarikan diri dari tarikan gravitasi NGC 2207, oleh karena itu ditakdirkan untuk terus ditarik kembali, terjebak di orbit mereka sendiri, dan kedua galaksi akan terus mengubah dan mengganggu satu sama lain. Akhirnya, kemungkinan besar miliaran tahun dari sekarang, dua galaksi mesh akan menjadi satu galaksi masif. Hal ini di teorikan bahwa sejumlah galaksi masa kini, serta Bima Sakti, yang terbentuk dari proses serupa penggabungan galaksi yang lebih kecil selama miliaran tahun.

9. Mars Orbiter

fenomena mars orbiter ruang angkasa
Gambar di atas menunjukkan, misi MAVEN NASA mengamati bagian atas atmosfer Mars untuk membantu dalam memahami perubahan iklim di Planet Merah. Penemuan awal dari pengorbit Mars terbaru sudah mulai mengungkapkan komponen penting tentang hilangnya ruang atmosfer Mars dari waktu ke waktu. Data yang dikumpulkan dari NASA suasana Mars dan Evolusi Volatile juga dikenal sebagai misi MAVEN, termasuk temuan dari proses baru di mana angin matahari dapat menyerang jauh ke dalam atmosfer planet.

8. Light Echoes

fenomena light echeos di ruang angkasa
Hubble sekali lagi menangkap fenomena lain, kali ini gema cahaya. Sejak Januari 2002, para ilmuwan telah menjaga pengawasan yang ketat pada bintang yang agak tidak biasa disebut V838 Monocerotis, sekitar 20.000 tahun cahaya dari Bumi. Pada saat ledakan, yang berlangsung selama beberapa minggu, itu 600.000 kali lebih cahaya dari Matahari memudarkan bintang itu, tapi cahaya itu habis melebur, menerangi nebula yang mengelilingi bintang. Cahaya lalu menekan gas dari nebula, dan memantul ke arah yang berbeda. Karena ini terjadi, cahaya dari ledakan yang telah melonjak di seluruh alam semesta memadamkan debu angkasa yang dibuat dari sesuatu yang disebut ESA. "yang paling spektakuler 'echo cahaya' dalam sejarah astronomi."

7. Comet Lovejoy

fenomena comet lovejoy di ruang angkasa
Komet Lovejoy adalah periode komet panjang, yang berarti dapat memiliki orbit yang sangat tidak menentu dan periode yang berkisar dari 200 tahun untuk ribuan tahun, (Lovejoy memiliki periode orbit sekitar 8.000 tahun). Baru-baru ini, komet membuat jalur terdekatnya dengan Bumi. Lovejoy, seperti yang terlihat dalam gambar ini, memiliki ekor ion rinci, terbuat dari gas terionisasi energi oleh sinar ultraviolet dari matahari yang didorong keluar oleh angin matahari yang membuat pembentukan indah terstruktur ekor komet.

6. A Martian Sunset

fenomena martian sunset di planet lain
Gambar ini mungkin tidak terlihat menakjubkan. foto di atas hanyalah salah satu dari banyak gambar luar biasa ditangkap oleh Curiosity di Mars. Terlihat sangat indah dan menakjubkan menyaksikan matahari terbenam di planet kita sendiri, tapi akan bisa lebih menawan dan menakjubkan jika melihat matahari terbenam di dunia lain. Mungkin suatu hari manusia akan dapat mengalami pemandangan ini secara langsung dengan mata sendiri.

5. Blue Marble

blue marble terlihat warna asli bumi
Gambar ini menakjubkan dan dijuluki "Blue Marble" menunjukan yang  warna asli dari Bumi. Para ilmuwan gabungan bulan melakukan pengamatan permukaan tanah bumi dan laut, lautan dan awan menjadi kolase warna otentik setiap kilometer persegi planet kita. Banyak dari informasi yang dikumpulkan di gambar ini berasal dari remote-sensing-perangkat tunggal, NASA Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer.

4. Curiosity Takes a Selfie

foto selfie di planet mars
Robot 1-ton membuat pendaratan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Mars pada 5 Agustus 2012. Kedatangan Curiosity untuk begitu banyak alasan, termasuk mencari bukti kehidupan di planet merah dan biosfer yang didasarkan pada mikroorganisme chemotrophic dan autotrophic, untuk memungkinkan membuat pemukiman manusia di Mars dalam waktu dekat. Rover telah melakukan beberapa hal yang cukup keren sejak mendarat di planet merah. Gambar ini berfungsi sebagai salah satu contoh. Siapa sangka kita bisa mengirim robot di Mars dan mampu ber selfies seperti ini.

3. First Notable Solar Flare of 2015

fenomena cahaya matahari tahun 2015
Surya suar matahari tingkat menengah, pada tanggal 12 Januari 2015 dan sangat mencolok ditangkap oleh NASA Solar Dynamics Observatory, yang memonitor matahari secara teratur. Solar flare adalah semburan sangat kuat dari radiasi. Radiasi dari surya suar tidak dapat melewati atmosfer bumi, tetapi ketika intensif, dapat mengganggu atmosfer bumi pada lapisan di mana sinyal komunikasi GPS berjalan.


2. Pillars of Creation

fenomena pillars of creation ruang angakasa
Foto asli dari gambar ini diambil oleh Hubble Space Telescope NASA pada tanggal 1 April 1995 dan untuk merayakan ulang tahun ke-20 yang akan datang, astronom mengumpulkan foto resolusi tinggi dari Pilar Penciptaan (lihat di atas) yang dirilis ke publik pada bulan Januari tahun ini. Pilar Penciptaan terletak di Eagle Nebula, 7.000 tahun cahaya, dan terbuat dari molekul hidrogen dan debu yang sedang terkorosi oleh photoevaporation dari sinar ultraviolet dari bintang panas terdekat.

1. Remarkable Solar Eruption

fenomena matahari terunik di ruang angkasa
Solar matahari kita, adalah riam plasma yang sangat panas dan terkait dengan medan magnet, dan pada tanggal 31 Agustus 2012, NASA Solar Dynamics Observatory melihat ketika medan magnet yang luar biasa di permukaan Matahari meronta-ronta keluar dengan spiral plasma. Kurva plasma mencapai jarak dari permukaan 300.000 kilometer, dan meledak keluar pada 1.400 kilometer per detik.


Bagaimana menurut anda ? sangat menakjubkan ya. Cerita di filem-filem Holywood tentang ruang angkasa mungkin berdasar atas apa yang terjadi sebenarnya disana. Membayangkan berada di luar angkasa yang luas membuat kita semua merinding pastinya. Oke sekian dulu artikel maf!n kali in tentang Fenomena Luar Biasa dan Unik di Ruang Angkasa. Semoga dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.
Fenomena Luar Biasa Dan Unik Di Ruang Angkasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: uncle faiz