7 Langkah Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

7 Langkah Mudah Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

7 langkah mengatasi rambut rontok alami

Rambut rontok, sangat mengerikan jika ini terjadi pada kita. Karena  jika terjadi, hal ini akan sangat menggangu penampilan dan rasa percaya diri kita. Apalagi jika rontok nya sudah parah, alhasil bisa saja rambut kita mengalami yang namanya kebotakan.

Sebelum semua nya menjadi terlambat, mungkin dirasa penting untuk kita merawat dan menjaga rambut tetap kuat dan kokoh. Bukan cuma memperindah saja, karena percuma rambut anda terlihat bagus dan indah tapi setiap hari mengalami kerontokan dan bahkan sampai fase kebotakan.

Oke kali ini maf!n akan berbagi sedikit tips dan cara mengatasi rambut rontok. Tanpa basa basi lagi inilah 7 langkah mengatasi rambut rontok dengan mudah.

1. kurangi penggunaan produk kimia

Hal hal seperti sampo, conditioner, minyak rambut, dan lain-lain dapat menyebabkan kerusakan permanen pada folikel rambut sehingga sangat bijaksana untuk menggunakan produk ini seperlunya saja. Produsen produk mungkin memberitahu anda tetang semua kebaikan yang ada di produk nya, tapi tetap saja itu hanya bahasa iklan. Kebanyakan shampoo di pasaran memiliki kecenderungan strip yang tidak sama dengan minyak alami, yang menyebabkan rambut mengering dan menjadi rapuh. Efek yang sama dapat ditemui dari kondisioner leave-on, terutama yang dicampur dengan bahan kimia yang kuat (wewangian buatan penyebab utama nya) jadi pastikan untuk menggunakan hanya dalam jumlah kecil atau sperlunya jika benar-benar diperlukan.

Tips : Belilah produk yang berasal dari alam atau tidak mengandung (setidaknya jauh lebih sedikit) bahan kimia dan pencampuran berbahaya.

2. Hindari/kurangi penggunaan pemanas untuk rambut anda

Alat seperti curling iron, pelurus rambut, dan pengering rambut, karena dapat menyebabkan kerusakan yang di timbulakan oleh panas yang berlebihan. Jika anda benar-benar perlu menggunakan perangkat ini, pastikan untuk membatasi jumlah panas nya (memilih pengaturan terendah dan tidak lebih dari 5 menit) dari frekuensi penggunaan. Panas konstan tidak hanya kerusakan rambut tapi kulit kepala juga (yang menyebabkan pengelupasan), sehingga yang terbaik adalah menghindari perangkat ini dan lebih memilih
menempel styling alami.

3. Oleskan minyak kelapa 2x seminggu

Rejimen ini memiliki tujuan ganda, karena tidak hanya memperkuat helai rambut, tetapi juga membuat rambut anda bersinar dan lebih mudah ditata. Jika anda ingin mengeluarkan sedikit uang pada pemeliharaan rambut, minyak kelapa adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Pelumasan alami memberikan asupan nutrisi pada rambut, dari akar ke ujung. Nutrisi yang terkandung dalam minyak kelapa mencegah rambut rontok, terutama bagi perempuan karena lebih rapuh, sensitif, atau rambut mudah rusak.

Tips : Oleskan / lumuri minyak kelapa pada rambut anda dan biarkan selama 10-15 menit, sebaiknya ditutupi plastik atau topi mandi. Ini akan memastikan bahwa minyak merembes/masuk ke dalam serat kulit kepala dan rambut.

4. Potonglah rambut 3-4 bulan sekali.

Beberapa dari anda mungkin berpikir cara ini berlebihan (dan mahal mungkin). Namun, memotong rambut anda setidaknya beberapa sentimeter setiap beberapa minggu akan menjaga rambut tetap sehat dan kuat terhadap kerusakan dan rambut bercabang. Rambut panjang cenderung rapuh, maka kebutuhan untuk memotong ujung rambut adalah cara yang cukup baik.

Tips : Kalau menurut anda cara ini terlihat boros, mungkin anda bisa mengakali dengan memotong pendek dulu rambut anda. Sehingga waktu yang di perlukan untuk tumbuh kembali agak lama :)

5. Gunakan sisir bergigi lebar ketika menyisir rambut basah

Banyak orang (terutama perempuan) membuat kesalahan dengan menggunakan sisir bergigi halus/rapat saat menyikat rambut mereka setelah mandi (keadaan rambut basah). Hal ini sangat tidak di sarankan karena dapat menyebabkan helai rambut rusak, terutama jika anda menggunakan sampo yang menyebabkan rambut kusut. Sebuah sisir bergigi lebar dan dengan hati-hati dapat memisahkan helai rambut tanpa menyebabkan kerusakan sama sekali jadi pastikan untuk memiliki minimal dua jenis sisir.

Jangan terlalu over dalam menysir rambut, usahakan jangan ada rambut yang tersangkut ketika di sisir, jika ada yang tersangkut, anda benahi dulu sebelum di sisir kembali.

6. Rajin konsumsi sayur dan buah

Sama seperti kulit rambut juga butuh nutrisi alami, contoh nya dari buah dan sayur. Untuk anda yang sedang diet, anda bisa mendapatkan keuntungan dari konsumsi protein, vitamin, dan mineral dalam buah dan sayur. Selain tubuh ideal, armbut anda juga akan terawat dengan bagus.

Tips : suplementasi yang tepat sangat dianjurkan untuk laki-laki dengan riwayat keluarga (faktor keturunan) kebotakan. Pastikan untuk memulai cara-cara ini sebelum tanda-tanda awal rambut rontok datang karena setelah masalah ini datang, tidak ada cara untuk menghetikan nya.

7. Buatlah masker rambut anda sendiri

Untuk lebih membuat tebal dan lebih kuat rambut anda, ada sejumlah trik yang dapat anda gunakan dan bahan-bahan yang di butuhkan juga tidak susah di cari. Oke ini bahan untuk membuat masker rambut sendiri.

Alpukat
Minyak alami dalam buah ini sangat efektif dalam menjaga rambut dan kulit kepala yang sehat. Yang Anda butuhkan adalah satu buah alpukat, lalu tumbuk atau giling halus. Oleskan ke rambut, termasuk akar rambut, pijat-pijat dan diamkan selama setidaknya 20 menit dan terakhir dibilas dengan air hangat.

Carrot Juice (jus wortel)
Gunakan juicer, ekstrak/blender jus wortel dan tempatkan di lemari es selama 30 menit 1 jam. Kemudian oleskan langsung ke rambut anda, pijit dan diamkan 10-15 menit. Beta karoten dalam wortel telah diketahui efektif memperkuat helai rambut dan mencegah rambut rontok.

Ekstrak Aloe vera (lidah buaya)
Tanaman ini sangat baik utnuk rambut anda, selain dari yang di jual di pasaran. Cukup ambil bagian dalam tanaman ini dan oleskan ke rambut anda. Gunakan sebagai masker dan biarkan selama setidaknya 45 menit lalu cuci rambut Anda.

Membuat masker rambut di atas menurut saya hampir tidak perlu mengeluarkan uang yang berlebih. Selain efektif juga dapat membuat kantong anda tidak jebol.


Oke mungin sekian dulu tips dari maf1n kali ini tentang 7 langkah mengatasi rambut rontok dengan mudah. Tetap jaga rambut dan tubuh anda, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga tentang cara menjaga wajah tetap sehat dan cantik alami. Terima kasih.
7 Langkah Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: uncle faiz